Wednesday, March 9, 2011

CARA MEMBUAT KERAJINAN TANGAN

TIRAI

Pertama, botol plastik dicuci menggunakan air sabun hingga bersih.
Kemudian perhatikan bentuk dan garis lekuk botol. Dengan menggunakan pisau kecil, potong botol bekas tersebut menjadi beberapa bagian hingga bagian pinggang botol.
Untuk membuat tirai misalnya, botol dipotong membujur dengan lebar setiap potongan kurang lebih 2 centimeter. Beri lubang di setiap potongan. Kemudian ikatkan setiap potongan botol dengan menggunakan tali tambang. Agar terlihat lebih menarik, botol diberi warna sesuai selera dengan menggunakan cat semprot.


LAMPION
Pertama, botol yang telah dicuci bersih dipotong membujur mengikuti bentuk lekuk botol hingga bagian pinggang botol.
Setelah itu, saatnya Anda memilih............mengerjakan bagian atas lampion atau bagian bawah atau kaki lampion.
Kita awali dengan membentuk kaki lampion. Bagian bawah botol yang telah dipotong, disayat membujur mengikuti bentuk botol.
Untuk membuat variasi, Anda cukup menyanyat bagian mana yang Anda inginkan. Umumnya, bagian dasar botol tidak dipotong agar kaki lampion dapat berdiri tegak.
Buat juga sebuah lubang untuk jalan masuk kabel lampu. Sementara itu, bagaimana dengan bagian kepala botol. Sama dengan bagian kaki botol. Anda-pun dapat membuat variasi seperti yang Anda mau.
Setelah itu, rekatkan bagian atas botol dan kaki lampion dengan lem lilin. Setelah terbentuk menjadi sebuah lampion, barulah diberi warna. Agar warna lebih tahan lama dan terlihat lebih menarik, pilihan warna menggunakan cat semprot. Setelah kering, barulah lampion diberi lampu dan bolam. Semua tahap pembuatan telah selesai, bagaimana dengan hasilnya?


TEMPAT PENSIL
Cara membuat kerajinan botol bekas terbilang mudah. Pertama, siapkan botol plastik bekas obat ataupun vitamin serta kain panel beragam warga. Potong kain memanjang sesuai keinginan, lalu tempelkan ke botol secara berurutan dengan lem. Setelah diberi aksesoris manik-manik, kerajinan lucu dan unik pun selesai dibuat







SANDAL PLASTIK
Dalam gambar diilustrasikan seorang yang menggunakan sandal yang terbuat dari botol plastik. Botol bekas yang tadinya digunakan untuk air minum itu kemudian diberi jepitan. Pada akhirnya botol ini kemudian digunakan sebagai alas kaki yang murah meriah bagi orang itu.




TUTUP SAJI
Bahan:
1. Botol aqua secukupnya
2. Pita emas
3. Kain gantungan tas
4. Kain flanel
5. Lem uhu
6. Jarum dan benang
7. Gunting
8. Renda
9. Mika
10. Kawat
11. Kancing

Cara Membuat:
  • Jahit aqua hingga semuanya tergabung
  • Hias AQua dengan bahan2 lainnya.
  • Beri gantungan
  • Dan sebuah Tututp saji manis tercipta

TEMPAT SERBA GUNA

Kombinasi antara kaleng bekas sarden, botol aqua, gelas styrofoam dengan kain perca serta kain felt.


6 comments:

  1. makasi, semoga artikelnya bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. Wah kalo ini bisa dibilang Great Idea Mas...
    Dari bahan bekas tapi bisa keren2 seperti itu

    ReplyDelete
  3. ya mas, semoga saja bisa mengurangi sampah2 di rumah tangga, dan beralih untuk mengembangkan kreatifitas kita untuk membuat sesuatu yang lebih berguna dan indah serta memiliki nilai jual

    ya, mbak sama2
    terima kasih juga sudah memberikan komentar di sini

    ReplyDelete
  4. thanks artikel yg positif. salam sahabat.

    ReplyDelete